Manfaat HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda Mampu Cegah Diabetes

Kamis, 15 November 2018 | Kesehatan
Manfaat HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda Mampu Cegah Diabetes

Habbatussauda Untuk Cegah Diabetes

Habbatussauda adalah ramuan tradisional yang sudah di gunakan selama ribuan tahun oleh orang-orang dari timur tengah, afrika bahkan hingga asia untuk mengobati berbagai penyakit dan mempromosikan kesehatan mereka.
Hal ini karena, habbatussauda dikenal mempunyai sifat kuratif dalam pengobatan berbagai penyakit. Habbatussauda sangat membantu dalam memperbaiki sistem pencernaan, mendongrak metabolisme tubuh, dan mampu menurunkan kadar gula darah sehingga cocok untuk obat diabetes miletus tipe 2.

Peran Habbatussauda Sebagai Obat Diabetes

Habbatussauda diperoleh dari polong tanaman nigella sativa. Biji habbatussauda mengandung minyak, alkaloid dan minyak astiri seperti thymoquinone dan thymohydroquinone. Minyak astiri pada biji habbatussauda inilah yang berperan untuk obat dibetes.
Biasanya, habbatussauda yang di jual di apotik sudah dikemas sebagai suplemen yang bersedia dalam bentuk kapsul, bubuk dan minyak. Untuk mendapatkan minyak atsiri, biji habbatussauda harus diekstrak terlebih dalu.

Bukti Penelitian Manfaat Habbatussauda Untuk Diabetes

Menurut sebuah penelitian. Ekstrak habbatussauda di percaya bisa menghambat penyerapan glukosa di dalam usus. Studi lain mengungkapkan bahwa, kandungan minyak mentah dari ekstrak habbatussauda bisa mengurangi kerusakan sel beta di pakreas dimana sel beta ini berperan dalam produksi insulin. Ini dapat menurunkan risiko tipe 1, kata studi tersebut.
Habbatussauda yaitu thymoquinone dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 1 dan meningkatkan sensitivitas insulin dari sel-sel hati. Tentu saja ini sangat memberi manfaat lebih untuk membantu mencegah diabetes tipe 2. Selain itu habbatussauda juga memiliki aktivitas antioksidan yang bekerja signifikan dan dinilai mampu melindungi sel-sel pankreas terhadap efek berbahaya dari radikal bebas.
Habbatussauda dianggap “pengobatan nabi” dan salah satu anugrah terbesar dari pengobatan setelah pengobatan. Sejarah telah banyak membuktikan bahwa habbatussauda telah banyak digunakan obat antihipertensi, penyakit liver, gangguan pencernaan, anti diare, penambah nafsu makan, analgesik, anti bakteri, gangguan kulit dan berbagai penyakit lainnya, seperti penyakit diabetes mellitus.
Habbatussauda telah mendapat peringkat tinggi di antara obat-obatan tradisional yang berdasarkan memberi bukti banyak untuk berbagai penyembuhan penyakit. Hal ini juga mengungkapkan bahwa sebagian besar sifat tarapeutik dari tanaman ini adanya kandungan thymoquinone dari minyak atsiri habbatussauda.

Habbatussauda Mencegah Komplikasi Diabetes

Kandungan thymoquinone pada ekstrak biji habbatussauda dinyatakan mampu menekan stress oksidatif dan proliferasi ginjal di sebabkan oleh minyak terhidrogenasi yang teroksidasi dari makanan yang kita makn. Makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi juga bisa menjadi sebab stress oksidatif di hati.
Stress oksidatif memaikan peran penting dalam pengembangan komplikasi diabetes tipe 2 , baik mikrovaskuler maupun kardiovaskuler. Stres oksidatif juga memperburuk penyakit ginjal sebagai salah satu komplikasi utama dari penyakit diabetes mellitus. Habbatussauda dinilai mampu untuk mencegah kondisi ini.

Dosis Mengonsumsi Habbatussauda Untuk Diabetes

Dalam sebuah studi pada tahun 2010, telah diteliti pengaruh habbatussauda pada kontrol gula darah pasien diabetes mellitus tipe 2. Habbatussauda dengan dosis 2 gram atau hari menyebabkan penurunan yang signifikan pada glukosa darah puasa, 2 jam pada postprandially, dan glikosilasi dalam berat badan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dosis 2 gram atau hari penggunaan habbatussauda bemanfaat untuk menurunkan gula darah pada pasien diabetes tipe2. Untuk mengambil dosis minyak habbatussauda, 3 sendok makan minyak habbatussauda per hari mungkin di katakan sebagai dosis aman. Gunakan minyak habbatussauda secara bertahap. Jangan mengambil minyak habbatussauda pada saat perut anda kenyang.
Untuk hasil yang lebih baik, campur minyak habbatussauda dengan cairan lain. Kebanyakan orang mencampurkanya dengan madu atau jus, tetapi jika anda penderita diabetes anda mungkin mencampurkanya dengan yogurt, dan makan satu jam sebelum makan.
Salah satu yang diuji adalah efek pengunaan minyak habbatussauda kepda penderita diabetes mellitus type 2 dimana satu kelompok diberi gabungan dosis minyak habbatussauda 2 kali 2,5 cc serta metformin 500 mg ( obat anti diabetes) 500 mg 2 kali sehari , dan satu kelompok lainnya hanya diberi metformin 500 mg sehari 2 kali tanpa pemberian minyak habbatussauda. Hasilnya, kelompok yang diberi terapi kombinasi herbal dan obat dibetes mengalami penurunan kadar gula yang signifikasi dibandingkan dengan yang hanya mendapatkan terapi metformin saja.
Habbatussauda dinilai mampu untuk mencegah kondisi ini, habbatussauda oil softcapsul sangat cocok untuk mengobati dan mencegah penyakit diabetes, berebentuk kapsul lunak sehingga mudah di telan oleh semua umur dan harganya pun terjangkau murah.
Manfaat HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda Mampu Cegah Diabetes -  
manfaat habbatussauda, manfaat habbasyifa, obat diabetes, obat stroke, obat hipertensi, habbasyifa, obat herbal

  • Mengetahui Penyakit Kolesterol dan Habbatussauda Sebagai Obatnya

    Mengetahui Penyakit Kolesterol dan Habbatussauda Sebagai Obatnya

    Penyakit kolesterol sudah tidak asing lagi di telinga, bahkan angka penderitaan penyakit kolesterol di dunia mencapai 80% sementara di Indonesia penyakit kolesterol mencapai 28% jumlahnya. Semakin banyaknya makanan yang mengandung…

  • Obat Stroke Herbal Nutrinext Kapsul

    Obat Stroke Herbal Nutrinext Kapsul

    Menurut riset kesehatan dasar yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan RI pada tahun 2013, di Indonesia terdapat lebih dari 2 juta penduduk, atau 12 dari 1000 penduduk, menderita stroke dengan persentase…

  • Bahaya Stroke Yang Perlu di Ketahui

    Bahaya Stroke Yang Perlu di Ketahui

    Penyakit stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang sebagai akibat dari penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa darah, otak…

  • Penyakit Wasir Ambeien Perlu Pencegahan Tepat

    Penyakit Wasir Ambeien Perlu Pencegahan Tepat

    Gejala penyakit ambeien atau wasir mungkin hilang setelah beberapa hari tanpa pengobatan. Wasir yang muncul selama kehamilan akan hilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan. Tetapi membuat perubahan gaya hidup untuk…

  • Pengertian dan Gejala Stroke Hemoragik

    Pengertian dan Gejala Stroke Hemoragik

    Stroke hemoragik atau pendarahan otak stroke adalah stroke yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu karena pembuluh darah Anda pecah dan berdarah di otak Anda, pendarahan otak dan darah…