Penyebab dan Cara Mencegah Mata Katarak

Senin, 24 Desember 2018 | Manfaat Habbatussauda
Penyebab dan Cara Mencegah Mata Katarak

Pengertian Mata Katarak

Syifa Herbal Alami - Katarak adalah merupakan kondisi mata di mana lensa mata menjadi keruh dan berawan. Penderita katarak akan merasa seperti melihat jendela berasap. Sebagian besar katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun lama kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pasien sulit menyetir, membaca, dan melakukan aktivitas lainnya.
Katarak adalah penyebab utama kebutaan di Indonesia. Dari hasil survey kebutaan di 15 provinsi tahun 2014-2016, diketahui 70-80% peyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan di Indonesia adalah katarak.

Peyebab Penyakit Mata Katarak

Peyebab paling sering pada katarak yaitu penuaan atau trauma yang meyebabkan perubahan pada jaringan mata.
Sebagian besar lensa mata terdiri dari air dan protein. Dengan bertambahnya usia, lensa menjadi semakin tebal dan tidak fleksibel. Hal ini meyebabkan gumpalan protein dan mengurangi cahaya yang masuk ke retina, sebuah lapisan yang sensitif terhadap cahaya yang terletak di belakang dalam mata anda. Inilah yang meyebabkan pandangan kabur dan tidak tajam.
Perubahan lensa di awali dengan warna kuning kecoklatan ringan namun semakin memburuk dengan bertambahnya waktu. Anda mulai sulit membedakan warna-warna contohnya warna ungu dan biru.

Cara Mencegah Penyakit Katarak

Beberapa cara di bawah ini dapat membantu mencegah mata katarak, terutama bagi anda yang memiliki keluarga dengan riwayat katarak yaitu:

1. Memeriksa kondisi mata secara rutin

Jika anda rutin memeriksa kesehatan mata, dokter akan cepat mendeteksi apabila muncul tanda-tanda mata katarak. Katarak yang masih berada pada tahap awal dapat lebih mudah ditangani dan di obati.

2. Melindungi mata dari paparan sinar UV

Pajanan sinar UV pada mata dapat menambah resiko terjadinya mata katarak, selain juga membuat katarak yang sebelumnya sudah dialami menjadi makin parah. Hal ini karena sinar UV dapat merusak protein di lensa mata. Hindari mata dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan kacamata hitam atau topi lebar, terutama saat sedang beraktivitas di bawah terik matahari langsung.

3. Menjaga kesehatan tubuh secara umum

Anda di anjurkan untuk selalu menjaga dan membantu kesehatan tubuh, sebab ada beberapa penyakit yang dapat meningkatkan resiko mata terkena katarak, misalnya diabetes, kondisi mata yang tidak sehat, serta komplikasi dari oprasi mata yang pernah dijalani.

4. Mengatur pola makan

Pilih makanan bernutrisi yang banyak mengandung vitamin serta antioksidan. Selain meyehatkan tubuh, asupan makanan ini dapat di menjaga berat badan sekaligus mengurangi resiko terhadap katarak.
Penelitian membuktikan bahwa komsumsi antiosidan, seperti vitamin C dan lutein, berdampak signifikan dalam menekan resiko terbentuknya katarak. Mata katarak terjadi ketika lensa mata menjadi keruh karena oksidasi dalam jangka panjang. Vitamin C dan lutein diketahui dapat menghentikan oksidasi pada lensa mata.

5. Mejaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas akan meningkatkan resiko terkena diabetes, yang merupakan faktor resiko mata katarak. Cara yang anda dapat lakukan menjaga pola makan yang baik dan nutrisi yang seimbang, diimbangi dengan rutin berolahraga, seperti berenang, berlari, atau sekedar berjalan kaki ringan.

6. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko terkena mata katarak. Merokok menciptakan lebih banyak radikal bebas di mata anda. Untuk menurunkan resiko katarak, disarankan untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok. Apabila anda merasa berat, cobalah anda biasakan tidak merokok agar penyakit katarak anda lekas sembuh.

7. Kurangi komsumsi minuman beralkohol

Jika anda termasuk penggemar minuman keras, sebaiknya kurangi atau hentikan kebiasaan mengkomsumsi minuman keras sama sekali. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena mata katarak.
Pada tahap awal, katarak biasanya tidak terlalu mengganggu. Tapi jika semakin lama dibiarkan, anda akan merasa makin tidak nyaman bahkan kesulitan melihat. Oleh karena itu, lakukanlah cara mencegah resiko mata sehat sampai anda tua dan anda terhindar dari penyakit katarak
Penyebab dan Cara Mencegah Mata Katarak -  
habbatussauda, habbasyifa, manfaat habbasyifa, manfaat habbatussauda, obat herbal, syifa herbal alami, obat mata katarak, obat kolesterol, obat stroke

  • Tips Meningkatkan Kualitas Sperma

    Tips Meningkatkan Kualitas Sperma

    Kebahagiaan seorang suami dan istri akan lebih lengkap ketika dikaruniai momongan, tentunya kehadiran si buah hati akan selalu dinanti olah orang tua. Dari beberapa kondisi yang terjadi, terkadang terdapat keadaan…

  • Pengobatan Penyebab Varikokel

    Pengobatan Penyebab Varikokel

    Varises pada buah zakar mungkin terdengar asing ditelinga kita umumnya, namun dalam istilah kedokteran sering disebut varikokel. Yakni suatu kondisi penyakit dimana terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada buah zakar…

  • Kebiasaan Buruk yang Memicu Diabetes

    Kebiasaan Buruk yang Memicu Diabetes

    Berjamurnya gula rendah kalori yang banyak dijual sekarang ini, menandakan mulai munculnya tingkat kesadaran untuk menjaga gula darah dalam tingkat normal. Namun ternyata ada beberapa kebiasaan dari masyarakat kita yang…

  • Manfaat HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda Atasi Demam Tinggi

    Manfaat HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda Atasi Demam Tinggi

    Habbatussauda ialah sejenis tumbuhan yang bayak didapat di kawasan Mediterranean dan di kawasan yang beiklim gurun. Banyak kajian telah dijalankan. Bagaimanapun kebanyakannya di tulis di dalam bahsa arab , oleh…

  • Habbatussauda Atasi Susah Tidur (Insomnia)

    Habbatussauda Atasi Susah Tidur (Insomnia)

    Penyakit insomnia merupakan ganguan tidur yang paling sering di alami oleh masyarakat Indonesia bahkan setiap tahun diperkirakan sekitar 20-50% orang melaporkan bahwa adanya ganguan tidur. Penyakit insomnia ini dapat menimbulkan…